Jumat, 05 November 2010

RESEP LOLOS BESWAN DJARUM ALA "Andy Calon Insinyur SipiL"

Sesuai dengan banyak request dari temen-temen baik dari blogku sendiri maupun dari situzz jejaring sosial kayak Phesbuuk and Twiterzz, sesuai janji aku, di sini akan ku tuliskan sedikit resep tapi inget bukan resep SOTO atau grombyang (“masakan khas Pemalang tercinta..hehehe), atau jenis masakan lainnya lah, tapi bukan juga resep atau kata Ki Joko Bodo bilangnya jampi-jampi. Tapi, ini sedikit resep sekaligus pengalaman yang di sharekan dari beswan djarum yang lolos terutama temen-temen beswan RSO Semarang. Oke lanjut……
Pertama aku ingin jelasin sedikit tentang “Beasiswa Djarum”. Beasiswa Djarum merupakan bakti Perusahaan Djarum di dunia pendidikan dengan memberikan BEASISWA PLUS kepada temen-temen mahasiswa berprestasi di seluruh Indonesia. Kenapa BEASISWA PLUS? Iya, karena selain kita diberikan beasiswa sebesar 600 ribu per bulan selama 1 tahun (eitssss, bisa tambah besar juga lho sesuai kebijakan dari djarum sendiri..”jangan bilang sapa2 ya…hehehe”). Arti PLUS sendiri ini yang paling bermanfaat yaitu pelatihan soft skill. Nah, inilah yang membedakan beasiswa djarum dengan beasiswa lain. Temen-temen tahu nda nie maksudnya softskill apa, hayo…?
Jadi, ada 2 kemampuan yang kita punya yaitu Hard skill dan Soft skill. Hard skill itu kemampuan yang menyangkut akademis kita yang kita dapatkan dari kuliah sehari-hari pokoknya yang kaitannya IQ kita, sedangkan kemampuan softskill adalah kemampuan yang menyangkut bagaimana kita memecahkan masalah, pembentukan karakter, pembentukan leadership (jiwa kepemimpinan), moral, sifat dan tingkah laku kita, sikap peduli terhadap sesama, sikap kerja sama pokoknya yang menyangkut EQ (Emotional Quation) kita. Tahu donk bedanya istilah IQ, EQ, dan SQ, ga usah dijelasin disini ya?hehe,
Nah, dilihat dari definisinya kita bisa menyimpulkan begitu pentingnya kemampuan softskill terutama buat bekal nanti ketika kita masuk ke dunia kerja dan sesuai buku yang aku baca kebanyakan orang sukses bukan karena mereka sukses akademisnya tapi karena mereka mempunyai kemampuan softskill yang mumpuni. Ya, lebih bagus lagi kitA BAIK di dua-duanya kemampuan hardskill dan softskill, OKE??
Nah, lanjut jadi beasiswa djarum tidak hanya memberikan dana beasiswa tapi ada pelatihan softskill berskala nasional (se-Indonesia). Jadi temen-temen yang lolos seleksi beasiswa djarum dikasih gelar atau sebutan BESWAN (tambah gelar deh….), nanti ada berbagai macam kegiatan menyenangkan baik berskala nasional(se-Indonesia) maupun lokal yang pasti tambah pengalaman, tambah temen se Indonesia, pokoknya menarik banget buat kalian. Misalnya, SILATNAS (Silaturahmi Nasional) yang mempertemukan beswan seluruh Indonesia, out bond, training leadership, training entrepreneurship, seminar, bakti sosial, tour ke Pabrik Djarum di Kudus (factory visit) terus ada lomba khusus beswan kayak LKT (Lomba Karya Tulis), Lomba Blog (ni…yang hoby ngeblog kaya aku ni..hehehe) dan kalian akan jadi semacam alumni gitu (seeumur hidup, hehehe…), wah pokoke asyik dan tambah pengalaman hidup yang tak terlupakan pokoknya. Nanti, kalian dapet semacam member di situs resmi beswan (WWW.BESWANDJARUM.COM) kalian bisa sharing2, info kegiatan, chating, informasi ter update beswan tau bahkan bisa juga “temu jodoh” disitu hehehe….. Nah, ini sedikit gambaran Beasiswa Djarum.Lanjut …..
Nah, gimana ce cara mendapatkan Beasiswa Djarum???
Untuk menjadi seorang BESWAN alias dapet beasiswanya, kalian harus lolos 3 tahapan seleksi, yaitu

1. Tes Administratif
2. Tes Psikotes
3. Tes Wawancara (Interview)


1. Tes Administratif
Ini tes awal dari beasiswa djarum, yaitu kalian mengirimkan syarat-syarat administratif ke Djarum. Info Lengkapnya tentang syarat administratif bisa dilihat di situs resmi beasiswa djarum
(WWW.BESWANDJARUM.COM)
atau bisa dil ihat di Rektorat masing-masing perguruan tinggi. Kalian harus lengkapin semua yang menjadi syaratnya jadi bener2 dibaca baik-baik dan kalau perlu di tulis. Nah, yang paling penting adalah IPK minimal 3.00 itu syarat mutlak dan ga bisa ditawar lagi, terus biasanya di syarat itu kalian disuruh nulis semacam karangan yang ditulis pake tangan, kemarin ce temanya tentang “Impian setelah Lulus Perguruan Tinggi”. Nah, kalian tulis aja semampu kalian dan tentunya karangan terbagus kalian. Nanti, biasanya ada syaratnya karangannya minimal berapa halaman polio (Pokoknya baca bener-bener aturan mainnya) OkE, sehabis semua berkas lengkap dan pastikan ga ada yang ketinggalan kalian kirimkan langsung ke Kantor Djarum (Alamatnya sudah dicantumin nanti..) dan jangan lupa untuk berdoA sebelum dikirim. Sampai sini sudah paham guys….????Lanjut…..

2. Tes Psikotes
Setelah kalian lolos tes administratif, biasanya nanti ada pengumumannya lewat masing2 perguruan tinggi. Nah, nanti kalian akan berhadapan dengan tes psikotes. Di tes psikotes ini kalian perlu mempersiapkan latihan terlebih dahulu biar ga kaget nanti. Misalnya, latihan tes psikotes jadi CPNS yang dulu aku juga pinjem di perpus. Terus persiapkan kondisi fisik dan kesehatan kalian sebelum tes psikotes pokoknya jaga agar bener2 fit dan bahagia tentunya hehehe….Jangan lupa sarapan pagi dan minta doa restu ORTU dulu sebelum berangkat TES, misalnya pas kalian ada kuliah ya udah kalian lupakan dulu tetep focus pada tes nanti. Sesaat akan tes akan dimulai pastikan kalian udah ke Toilet dulu, biasanya panitia udah nyediain waktu buat ke toilet sebelum tes habis itu jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan. Sedikit bocoran nie, kalau aku dulu soal psikotesnya ada 3 jenis soal yaitu soal pertama kalian disuruh mengerjakan kira-kira 250 pertanyaan yang saling berkaitan dari soal nomer 1 sampai soal terakhir, itu sepertinya soal yang berkaitan dengan diri kita jadi saranku jawablah dengan jujur dan apa adanya, soalnya nanti akan kelihatan bohongnya jika ga jujur karena soal itu berkaitan antar nomer sampai nomer terakhir. Selain itu kerjakan secepatnya jadi ga usah banyak berpikir karena panitia juga membataskan waktu mengerjakannya dan yang terpenting lagi yaitu SEMUA SOAL HARUS DIKERJAKAN SEMUA, jadi setelah selesai ngerjaiin pastikan diteliti terlebih dahulu sebelum dikumpulkan.
Soal kedua dulu aku disuruh melengkapi gambar. Kemaren tuh ada 6 gambar yang harus aku lengkapin. Kalo di tes psikotes namanya WARTEG TES, kalian bisa browsing di internet buat bahan latihan sebelum tes. Nah, disitu kuncinya ya pokoknya imajinasilah seluas-luasnya, agar gambar yang belum lengkap itu jadi gambar sesuatu. Nah, nanti panitia akan ngasih pertanyaan gambar nomer berapa apa yang sulit dan mudah untuk dilengkapi, terus gambar apa yang paling disukai maupun yang dibenci. Nah, kalian pilih tuh gambar yang udah kalian gambar, Oke.
Nah, bagian terakhir aku dulu disuruh gambar pohon sama orang. Nanti panitia ngasih klu gambar pohon apa yang tidak boleh kalian gambar. Nah, kuncinya adalah gambarlah pohon selengkap mungkin bagian-bagian pohonnya mulai dari akar sampai buahnya dan untuk gambar orang, buatlah gambar orang yang sedang beraktivitas dan juga harus lengkap bagian2 orang tersebut dari kaki sampai kepala dan property-propertinya misalnya baju, celana dan sebagainya tergantung aktivitasnya apa. Gimana sudah paham untuk bagian ini??Lanjut lagi guys…..

3. Tes Interview (Wawancara)
Kalian harus mengucapkan syukur setelah diumumkan kalian lolos psikotes dan terus memacu semangat kalian buat mendapatkannya (hayo….selangkah lagi jadi BESWAN,,,,SEMAngat,,,semangat…) dan tes terakhir yang kalian kan hadapi adalah tes wawancara. Di tes wawancara ini kalian akan diwawancarai dari pihak djarum tentang segala aktivitas kamu. Jaga kondisi kalian jangan sampai grogi dan jawablah seadanya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, panitia tidak butuh jawaban yang berlebihan (kalo jaman sekarang nyebutnya alayyyy…hehehe) dan jawablah dengan penuh semangat dan optimis kalo kalian mimpikan jadi seorang BESWAN oke….Iya, pertanyaannya saling nyambung gitu, ya pokoknya kuatkan argument kalian dan sekali lagi seadanya. Dulu aku dikasih pertanyaan tentang seputar kegiatan di kampus, kondisi akademisku, alasan ikut beasiswa djarum dan sebagainya. Kalau aku dulu di wawancarai sekitar setengah jam lebih.
Nah, habis semua tes diikuti, kita tinggal berdoa semoga dikasih yang terbaik buat kita. Itulah sedikit resep dariku tentang beasiswa djarum. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat kalian terutama buat kalian yang bermimpi menjadi seorang BESWAN…..OKE???


“Setiap orang pasti punya mimpi, tapi sebagian besar orang hanya menjadikan mimpi itu hanya sebatas impian saja karena berkata tidak mungkin impian itu terwujud. Itu tanda orang yang lemah, orang yang berputus asa, kalau ibarat perang kalian sudah menyerah dulu sebelum perang. Yakinlah temen-temen tidak ada sesuatu yang tidak mungkin di dunia ini, asal kita benar-benar berjuang menggapainya, berani mencoba dari segala resiko yang akan timbul, teruslah yakin dari dalam hati bahwa aku BISA MENGGAPAINYA kenapa orang lain bisa aku tidak bisa????….dan yang terpenting jangan lupa untuk selalu berdoa memohon sama ALLAH agar di beri kemudahan dan bila kau gagal, bangkitlah segera dan jangan putus asa yakinlah disana ada gerbang pintu yang terbaik untukmu dan SEMANGAT menjalani aktivitas dan SMILE selalu…..”

17 komentar:

  1. huaa, makasii kk. infonyaa. ^^

    BalasHapus
  2. Terharu nih kak sama infonya. Tengkyu so much lo ya... Doain diriku nggih. Hehehehe :D

    BalasHapus
  3. gan, biasanya wawancaranya pake bhsa indonesia atau bahsa inggris?

    BalasHapus
  4. menegangkaaaaannnnnnnnn :( semangat calon beswan!!! :))

    BalasHapus
  5. Thanks bgt kak resepnya... :)
    Aku Pastii Bisaaaaaaa.....!!! :D :)

    BalasHapus
  6. thanks kakak buat infonya ^_^

    BalasHapus
  7. makasi kaka..bermanfaat sekali

    BalasHapus
  8. Jazakallah kak..
    Alhamdulillah dari resepnya ud kebayang harus gimana nantinya..
    Doakan kami ya..

    BalasHapus
  9. makasih kag atas saran infonya ... serasa deg.deg.an untuk test selanjunya .... mohon doanya ya kag .. kalo butuh sharing bisa kan kag

    BalasHapus
  10. Mas, terima kasih banyak atas info dan sarannya. Terima kasih telah memposting ttentang kisi" tes beswan, sebelum saya tes, saya sempat membaca blog ini dan bermanfaat sekali.
    Sehingga saya berhasil menjadi seorang Beswan Djarum angkatan 29 dari DSO Surabaya.

    BalasHapus
  11. mas, tes wawancaranya biasanya, ada tentang materi2pembelajaran atau hanya tentang diri kita?

    BalasHapus
  12. Makasih yaa mas, atas infonya :) Semoga pada lulus yang baca blog nya mas.hehehe

    BalasHapus
  13. Terima kasih telah berbagi pengalamannya. Sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  14. Kak untuk beasiswa djarum ini semua ptn ada kan apa terkhusus aja?

    BalasHapus
  15. Terima kasih infonya kak...semoga aku juga bisa menjadi beswan di tahun ini aamiin 😊

    BalasHapus
  16. Terima kasih banyak kak, udah berbagi info sama kita :) doain aku ya semoga tahun ini bisa ke terima beswan djarum.. aminnn

    BalasHapus